defenisi zakat dan hukum zakat || ITtheacher



===📚===
_Bismillahirrohmaanirrohim_
*A. Definisi Zakat*
Zakat adalah harta yang memiliki ukuran, nishob dan syarat tertentu yang wajib diberikan kepada yang berhak menerima.

*B. Hukum zakat*
Salah satu *rukun Islam yang harus diamalkan seorang muslim, ialah menunaikan zakat.* Keyakinan ini didasari perintah Alloh _subhanahu wa Ta’ala_ dalam al-Quran dan Sunnah. Bahkan hal ini sudah menjadi konsensus (ijma’) yang tidak boleh dilanggar

*Hukum zakat adalah wajib.* Pemilik harta yang telah mencapai nishob wajib mengeluarkan zakat sesuai dengan syarat-syaratnya.

Alloh _subhanahu wa ta’ala_ berfirman :
خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu, kamu membersihkan dan mensucikan mereka”. [At Taubah :103].

وَأَقِيمُوا الصَّلاَةَ وَءَاتُوا الزَّكَاةَ
“Dan tegakkanlah sholat dan tunaikanlah zakat”. [Al Baqarah:110].

*C. Ancaman bagi mereka yang tidak membayar zakat.*
Banyak ayat al-Qur'an maupun hadits yang menyebut ancaman bagi yang tidak menunaikan kewajiban zakat, di antaranya :

✅ *Hartanya akan digunakan untuk menyiksa dirinya di neraka*
Alloh _subhanahu wata'ala berfirman_ :
وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلاَ يُنفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللهِ فَبَشِّرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ ، يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَذَا مَا كَنَزْتُمْ لأَنفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنتُمْ تَكْنِزُونَ

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Alloh, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas perak itu di dalam neraka Jahannam, lalu dibakarnya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan.” [At Taubah:34,35].

✅ *Harta itu akan berubah menjadi ular menyeramkan dan menyiksa pemiliknya yang tidak berzakat.*
Rosulullah _Sollallohu ‘alaihi wa sallam_ bersabda :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ آتَاهُ اللَّهُ مَالًا فَلَمْ يُؤَدِّ زَكَاتَهُ مُثِّلَ لَهُ مَالُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شُجَاعًا أَقْرَعَ لَهُ زَبِيبَتَانِ يُطَوَّقُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثُمَّ يَأْخُذُ بِلِهْزِمَتَيْهِ يَعْنِي بِشِدْقَيْهِ ثُمَّ يَقُولُ أَنَا مَالُكَ أَنَا كَنْزُكَ …

"Barangsiapa diberi harta oleh Alloh, lalu dia tidak menunaikan zakatnya, pada hari kiamat hartanya dijadikan untuknya menjadi seekor ular jantan aqra’ (yang kulit kepalanya rontok karena dikepalanya terkumpul banyak racun), yang berbusa dua sudut mulutnya. Ular itu dikalungkan (di lehernya) pada hari kiamat.
Ular itu menggigitnya dengan kedua sudut mulutnya, lalu ular itu berkata,’Saya adalah hartamu, saya adalah simpananmu’… dst." (HR. Bukhori)

===📚===
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Seputar Islam