Karamaik di Jorong Songsang || ITtheacher

   

          Karamaik, atau kramaik atau biasa dalam bahasa indonesia kita menyebutnya keramat, keramat disini bukanlah merupakan hal-hal mistis seperti kebanyakan kita ketahui ketika kita mendengarkan kata-kata keramat. Akan tetapi keramat disini adalah merupakan sebuah tradisi turun temurun yang dilakukan masyarakat terutama masyarakat Jorong Songsang. 

        Jorong Sonsang merupakan sebuah jorong yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Agam, Kecamatan Tilatang Kamang, Nagari Koto Tangah. Jorong Sonsang merupakan sebuah desa yang mayoritas penduduknya adalah petani, hal ini lah yang menjadi keseharian masyarakat yang ada di Jorong Songsang, Kebanyakan yang bertani di Jorong Songsang yaitu amak-amak atau juga bisa dikatakan ibuk-ibuk.

       Setiap harinya mereka dipagi hari sudah berangkat ke sawah untuk bekerja, dan hal yang menarik disini adalah ibuk-ibuk ini selalu pergi kesawah bergerombolan, hal ini semacam contoh yang sangat baik dimana ibuk-ibuk ini ketika mereka bekerja mereka sering melakukan pekerjaan dengan cara badomba, badomba di bukan domba ya maksudnya, mereka melakukannya dengan cara gotong royong, contohnya seperti ini, ketika bekerja di sawah ibuk A, maka ibuk A,B,C, D dan E ikut membantu menyelesaikan pekerjaan tersebut, akan tetapi setelah itu apabila bekerja di sawah ibuk B maka ibuk A,B,C, D dan E akan ikut juga menyelesaikan pekerjaan tersebut, begitu juga dengan sawah-sawah lainnya. Mereka bekerja sama agar memudahkan mereka dalam bekerja.

      Pada kesempatan kali ini saya tidak akan menyinggung terlebih dahulu mengenai apa pekerjaan bapak-bapak yang ada di jorong ini, karna di lain kesempatan akan saya ceritakan beberapa hal yang menarik lagi dai Jorong Songsang. akan tetapi karena hal ini ada hubungannya dengan pertanian, maka saya paparkan juga sedikit dari pada bapak-bapak ini nanti marah, :) sebagian bapak-bapak di jorong ini juga melakoni pekrjaan bertani, menolong ibuk-ibuk yang bekerja di sawah. Soswit ya... !!! :)

     Kita kembali ke topik awal, biasanya Keramat dilakukan masyarakat Jorong Sonsang ketika setelah melakukan panen hasil padi dari sawah, mereka melakukan syukuran dalam bentuk istilah keramat. Mereka biasa melakukan tradisi ini ditengah sawah, biasanya anak-anak di Jorong Sonsang sangat menantikan ketika datangnya waktu untuk ber keramat ini. Selain itu, setelah selesainya berkeramat masyarakat akan melakukan makan bersama. Bayangkan satu kampung makan bersama bagaimana ramainya, ya itu lah tradisi. Tradisi yang sudah dilakukan masyarakat Jorong Songsang secara turun temurun. 

Apa di kampung pembaca juga melakukan hal yang sama? Kalaui iya silahkan post nama kampungnya di kolom komentar...!

thanks for waching. Terimakasih telah berkunjung di arikel ITtheacher, semoga hari hari pembaca menyenangkan. Jika informasi ini bermanfaat, mohon di share ke akun facebook atau jejaring sosial lainnya. :) selamat beraktifitas. :)
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Al
    Al March 21, 2017 at 3:40 PM

    Lanjutkan tradisi yang positif agar nantinya anak cucu kita juga bisa merasakannya

Add Comment
comment url
Berita,Budaya