Pesan Rasullullah kepada kita para Enterpreneurship, bisnis Man dan Wirausahawan || ITtheacher

bagi para bisnis man/girl's agar kalian tidak nantinya tidak melenceng dari syari'at agama jangan lah kalian melakukan hal-hal yang diterangkan dalam hadis berikut ini:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمْ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ رَجُلٌ حَلَفَ عَلَى سِلْعَةٍ لَقَدْ أَعْطَى بِهَا أَكْثَرَ مِمَّا أَعْطَى وَهُوَ كَاذِبٌ وَرَجُلٌ حَلَفَ عَلَى يَمِينٍ كَاذِبَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ لِيَقْتَطِعَ بِهَا مَالَ رَجُلٍ مُسْلِمٍ وَرَجُلٌ مَنَعَ فَضْلَ مَاءٍ فَيَقُولُ اللَّهُ الْيَوْمَ أَمْنَعُكَ فَضْلِي كَمَا مَنَعْتَ فَضْلَ مَا لَمْ تَعْمَلْ يَدَاكَ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tiga golongan orang yang tidak akan diajak bicara dan tidak akan dilihat oleh Allâh pada hari qiamat yaitu (pertama) orang yang bersumpah atas barang dagangannya, ‘Sungguh tadi ada yang mau beli dengan harga yang lebih mahal’, padahal ia dusta, dan (kedua) orang yang setelah shalat Ashar bersumpah dengan sumpah palsu guna merampas harta seorang muslim, dan (ketiga) orang yang enggan memberikan kelebihan air (yang ada di sumurnya), dan kelak Allâh Subhanahu wa Ta’ala akan berfirman: Pada hari ini aku akan menghalangimu dari keutamaan/ kemurahan-Ku, sebagaimana dahulu engkau telah menghalangi kelebihan sesuatu hal yang bukan dihasilkan oleh kedua tanganmu.” HR. Bukhâri, no. 2240, Muslim, no. 108

dari hadis di atas pada bagian pertama langsung ditujukan kepada kita, yaitu para bisnis man, enterpreneur dan wirausahawan.
jadi berhati-hatilah ketika berkata-kata, karena hal itu bisa merugikan diri sendiri. apalagi hal tersebut juga akan merugikan orang lain. dan hal ini lah yang sangat dilarang oleh Allah.

walaupun nabi Muhammad mengajarkan kita untuk pintar dalam berbisnis, sebaiknya kita mengikuti cara-cara nabi dalam berbisnis. agar senantiasa dirahmati dan dilimpahkan reski kita oleh Allah SWT, dan ditambah lagi agar kita selamat dari siksaan di hari pembalasan nanti.

apapun yang ada di atas dunia ini adalah milik Allah, jangan lah kita sombong akan apa-apa yang ada pada diri kita. karena semua itu hanyalah titipan yang diberi Allah kepada kita yang mana nantinya di akhirat kelak kita harus mempertanggung jawabkannya.



Sumber: almanhaj.or.id
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Berita,Bisnis,Seputar Islam